Skip to main content

Perlukah Upgrade Dari iPhone 8 atau iPhone X ke iPhone Xs atau Xs Max



Seperti yang kita tahu, pada bulan september ini tepatnya pada tanggal 12, Apple baru saja meluncurkan seri iPhone terbaru mereka, yaitu iPhone Xr, iPhone Xs dan iPhone Xs Max. Ketiga seri iphone ini merupakan seri paling terbaru sekaligus seri termahal semenjak iphone pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007.

Apple sendiri terkenal dengan brand mereka yang premium, hal ini juga membuat semua produk mereka baik itu iPhone, iPad, ataupun macbook memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan para pesaing nya. Kemudian muncul pertanyaan bagi sebagian kalangan "apa sih bagusnya iPhone? Harganya saja mahal, spesifikasi juga sama aja dengan smartphone lain." Ya, bagi sebagian orang iPhone memiliki harga yang sangat mahal bahkan orang enggan untuk membeli produk ini karena nilai ekonomis. Tapi dibalik itu semua, banyak juga orang yang rela mengantre di depan apple store untuk menjadi yang pertama mendapatkan produk terbaru Apple.

Lalu apa sih sebenarnya kelebihan Apple, khususnya iPhone. Apple sebenarnya memiliki lingkungan tersendiri, yaitu lingkungan yang terkontrol dan tersistem hal inilah yang membuatnya berbeda dari para pesaing mereka. Mereka membuat suatu ekosistem yang hanya diperuntukan bagi mereka sendiri yaitu sistem operasi apple atau yang kita kenal dengan iOS dan macOS. Apple merancang sendiri sistem operasi dan mereka dan membuat sendiri produk mereka. Dan ini menjadi nilai khusus bagi Apple dimana mereka akan lebih fokus terhadap semua device yang mereka rilis. Dan hal ini pulalah yang membuat sistem operasi mereka menjadi salah satu sistem operasi terbaik bagi sebagian kalangan, karena sistem operasi mereka dibuat untuk menyesuaikan hardware yang mereka buat. Oleh karena itu hampir jarang sekali kita temui keluhan laggy atau lemot pada semua device Apple. Dan ini membuat Apple tidak sebanding jika head to head melawan beberapa device Android karena android menggunakan sistem operasi terbuka yang membuatnya bisa digunakan oleh siapapun.



Lantas, perlu atau tidak jika kita telah memiliki iPhone 8 atau X upgrade ke seri Xs. Jawabannya adalah tidak perlu. Hal ini karena menurut pengamatan pribadi saya iPhone 8 atau X masih cukup mumpuni sampai seri iPhone berikutnya rilis. Hal ini juga dilihat dari nilai ekonomis, untuk di Indonesia harga iPhone Xs Max dengan kapasitas 512Gb bisa mencapai harga 28 Juta hingga 35 Juta rupiah tergantung masing-masing toko. Penyebab harga yang mahal salah satunya karena Indonesia sedang mengalami kemerosotan dalam nilai tukar rupiah. Selain dari nilai ekonomis, spesifikasi yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, bahkan dari segi kamera, resolusi yang digunakan masih sama dengan seri sebelumnya yaitu masih 12 megapixel. Akan tetapi Apple sepertinya kali ini lebih memfokuskan pengoptimalan iOS12 pada seri terbaru, salah satunya dari segi photography, sepertinya Apple meniru langkah google dalam pengambilan beberapa frame yang di gabungkan menjadi satu. Namun hal ini justru disayangkan oleh beberapa pengguna, kerena dinilai hasil fotonya seperti menggunakan beauty effect.

Tapi ini semua hanya pengamatan dari penulis saja, karena banyak juga review dari beberapa teman yang malah menjual kembali iPhone Xs mereka karena merasa lebih nyaman dengan iPhone seri sebelumnya. Pesan penulis, belilah sesuai kebutuhan dan jika memang dirasa perlu. Tapi belilah iPhone Xs Max jika kalian merasa bingung untuk menghabiskan uang kalian. Ya syukur-syukur penulis kebagian salah satu iPhone Xs Max dari kalian yang bosen.

Popular posts from this blog

LG resmi umumkan Nexus4 White, rilis 29 mei.

Mungkin teman - teman Mr.Oge ada yang udah nungguin kapan LG akan merilis Nexus4 White ini. Kabar yang Mr.Oge dapatkan dari engadget mengatakan bahwa Nexus4 ini akan rilis pada tanggal 29 mei ini di hongkong, kemudian akan disusul beberapa negara seperti Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Perlu di ingat bahwa Nexus4 memiliki kepadatan pixel sebesar 320ppi dengan besar layar 4.7inch HD IPS Display, didukung pula dengan Processor Qualcomm S4 Pro, dan kamera 8 Megapixel, serta menggunakan OS Android paling terakhir saat ini yaitu 4.2 (JellyBean). Akan tetapi belum ada kabar mengenai harga jual Nexus4 White edition ini. Hal yang menarik dari Nexus4 ini adalah tanggal peluncuran nya yang hanya berbeda 1 hari dari tanggal peluncuran LG Optimus G Pro. Berikut foto - foto resmi dari LG Nexus4 :

Brick, Bootloop, Stuck itu apa sih?

Setelah kita membahas costum rom, mr.oge akan menjelaskan hal yang dimaksud dengan brick, bootloop, dan stuck. Kemungkinan kita gagal melakukan costum rom adalah mendapatkan salah satu dari tiga hal diatas, dan yang paling parah adalah brick atau nge-brick. Mr.Oge akan jelasin satu - satu maksud dari kata diatas secara super sederhana. Brick adalah? Ketika android teman - teman mengalami blank screen [layar hitam, atau mendapat logo pentungan untuk device samsung], dan bahkan paling parah adalah tidak bisa hidup sama sekali, sehingga harus di service ke service center masing - masing. Bootloop adalah? Ketika android teman - teman tidak dapat masuk ke menu homescreen atau dengan kata lain boot yang berulang - ulang. Stuck adalah? Ketika android teman - teman hanya menampilkan logo animasi atau hanya diam pada logo animasi [boot animasi]. Untuk bootloop dan stuck masih bisa dibenerin dengan mengulangi langkah - langkah costum rom dengan benar. Dan jika nge-brick kemun

Foxconn dan Mozilla akan membuat firefox OS

Tim engadget mengatakan bahwa hari ini mereka mendapatkan invitasi dari china, Foxconn Technology Group dan Mozilla resmi akan bergabung untuk membuat Firefox OS. Event ini akan dilangsungkan di Taipei minggu depan, dan dari kabar yang diterima bahwa Mozilla telah memiliki 19 aliansi untuk mewujudkan Firefox OS ini. Dan dikabarkan juga, pada event ini akan di pamerkan samrtphone mozilla dan Firefox OS terbaru. Jadi, kita tunggu saja minggu depan, bagaimana wujud dari smartphone mozilla dan Firefox OS ini.